Rabu, 15 November 2017

Ciri ciri ciblek jantan dan betina

Cara Membedakan Ciblek Jantan Dan Betina

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan hewan peliharaan dan cara perawatan yang mungkin Anda butuhkan, Cara Membedakan Ciblek Jantan Dan Betina.

Burung Ciblek Jantan – Bagi para Kicau Mania di Indonesia burung ciblek / burung prenjak ini merupakan salah satu burung Primadona yang sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia, burung ciblek atau biasa juga disebut dengan Burung prenjak ini memiliki bentuk tubuh yang tergolong mungil namun meskipun demikian gacorannya sangat merdu dan lantang sehingga tidak mengherankan ciblek sering meraih juara saat ikut dalam perlombaan.

Saat ini sudah banyak yang mencoba melakukan budidaya atau ternak burung ciblek mengingat permintaan di pasar yang cukup tinggi, namun bagi pemula salah satu kendala dalam beternak burung ciblek yaitu membedakan antara pejantan dan betina, padahal Jika diperhatikan dengan lebih teliti sebenarnya membedakan antara jantan dan betina sangatlah mudah.

Baca juga: Harga Burung Ciblek Terbaru


Burung ciblek jantan rata-rata memiliki kaki yang lebih besar dibandingkan dengan betina. Selain itu bukan kepalanya pun juga lebih lebar dan memiliki paruh yang besar dengan warna hitam pada bagian ujung, tidak hanya itu saja ciri khas lain dari ciblek jantan yakni tidak memiliki alis berwarna putih seperti pada betina. Untuk lebih jelas lagi bisa disimak daftar perbedaan berikut di bawah ini:

Perbedaan Ciblek Jantan Dan Betina

Ciri Burung Ciblek Jantan (Ciblek Kebun)

Memiliki kaki yang lebih besar dari ukuran kaki betina. Kemudian kukunya cenderung berwarna hitam pekat.Ukuran kepala juga tergolong lebih besar daripada betina.Memiliki paruh dengan ukuran yang lebih besar dan lebih hitam. Kemudian pada bagian ujung paruh bawah terdapat warna hitam.Tidak memiliki alis berwarna putih seperti yang terdapat pada betina namun biasanya terdapat dua atau tiga helai rambut.Memiliki warna bulu yang lebih gelap dibandingkan burung betina.

Ciri Burung Ciblek Betina (Ciblek Kebun)

Ukuran kakinya relatif lebih kecil dengan kuku berwarna terang atau putih.Warna bulu lebih pudar atau lebih terang dibandingkan pejantan.Kepala berbentuk oval atau lonjong dan lebih kecil dibandingkan dengan ukuran kepala burung jantan.Terdapat alis berwarna putih di bagian atas mata.Tidak terdapat bulu yang tumbuh dibagian kepala seperti pada pejantan.Memiliki paruh yang lebih tipis, kemudian, terkadang ujung paruh bagian bawah tidak berwarna hitam atau tampak lebih terang warnanya.

Ciri Burung Ciblek Jantan (Ciblek Gunung)

Memiliki ukuran kaki yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran kaki betina dan warnanya sedikit kecoklatan.Warna bulu tampak lebih mengkilat dan tegas.Memiliki kepala dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan burung betina, danBiasanya burung jantan juga memiliki corak di bagian kepala terutama pada bagian atas. Corak tersebut terlihat lebih jelas dan tegas dibandingkan dengan burung betina.Memiliki paruh yang tebal dan berwarna lebih gelap.Memiliki warna bulu dibagian tenggorokan yang lebih terang.

Ciri Burung Ciblek Betina (Ciblek Gunung)

Kaki berukuran lebih kecil dan warnanya sedikit kemerah-merahan atau pink.Warna bulu tidak terlihat mengkilat, atau dengan kata lain lebih kusam.Memiliki ukuran paruh dan kepala yang lebih kecil dengan corak di bagian kepala yang lebih pudar dibandingkan pejantan.Memiliki paruh yang lebih tipis dibandingkan burung jantan dan warnanya pun tampak lebih muda coklat atau pink.Memiliki warna bulu kuning di tenggorokan yang tampak lebih samar.

Demikianlah tadi informasi tentang cara membedakan burung ciblek atau prenjak jantan dengan betina, saat ini populasi burung ciblek di alam liar memang mulai sedikit namun sekarang sudah banyak yang mencoba beternak untuk tetap bisa memenuhi permintaan pasar yang dari hari ke hari semakin meningkat.

Source:

perbedaan ciblek jantan dan betina,ciri ciblek betina,ciri ciblek jantan,ciri ciri ciblek jantan,ciri burung ciblek jantan,cara membedakan ciblek jantan dan betina,ciri ciblek jantan betina,ciri ciblek,ciri cibl,cara membedakan burung ciblek jantan dan betina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar